Pengalaman Diet Mayo Sukses 13 Hari Tanpa Konsumsi Garam

Artikel ini (kalau kalian menganggapnya demikian hehe) tentang diet mayo ini ane tulis  karena request dari teman-teman yang chatting via BBM, path, Line dan sebagainya tentang status Google+ ane beberapa waktu lalu. Nah ini statusnya gan: :D

#CaraDietMayo dalam 13 hari berhasil turun 7 kg. Setelah penantian hampir dua minggu ternyata terbukti berat badan turun drastis"

Yah kalian tau lah ya di Google+ user yang gak kenal sama kita aja bisa bebas komen tapi ajaibnya baru nulis status tentang diet mayo sekali itu respon netizen G+ nih menunjukkan interest bingit ya.. (bahasa penulis menyesuaikan dengan ABG zaman sekarang! bagi yang sudah berumur dan yang bingung ane ngemeng apa coba tanya anak2 SMA atau abegeh dah pokoknya biar ngerti) hahaha.

Banyak teman yang nanya, apa itu Diet Mayo? Masa cuma 13 hari, makan tetep 3 kali sehari, tapi bisa menurunkan berat badan sampai 7 kg? Mungkin sobat semua juga sama kali bakalan tanya.. Kok BiSA???

Tenang dulu mas bro dan mbak bro, pelan-pelan ane ceritain di artikel ini, tapi maaf-maaf nih ya ane jujur bukan ahli nutrisi atau bener2 pakar bidang dunia diet mayo. So, artikel ane nih cuma menginformasikan pengalaman Diet Mayo yang ane jalanin, bukan ngejelasin rinci teori dasarnya dan segala macam filosofi atau detil program yang benarnya. Sebut saja ini Diet Mayo ala Ane. Hehehe.

Baiklah kita bahas "pengalaman diet mayo ala ane" ini dalam bentuk FAQ ya. Berikut beberapa pertanyaan yang teman-teman disertai jawaban ane sob..

1. Apakah yang dimaksud Diet Mayo?

Untuk definisi yang kredibel mending search di Google deh ya sob, pasti ketemu. But for me, Diet Mayo sederhananya adalah diet garam. Kenapa? Karena intinya diet ini pantangannya adalah garam alias sobat semua tidak boleh memgonsumsi garam selama 13 hari. Waduh?? Gak bisa makan enak dong gan? Yes!! Sepertinya begitu gan. Udang saos padang, Pizza, Spaghetti harus dipinggirkan sob sementara waktu.. hehehe. Tenang gan cuma 13 hari untuk 5-8 kg jelas worth it lah. Bukan cuma itu, Diet Mayo punya menu khusus. Apa itu? Eng ing eng (tambah narsis nih bahasa ane) Keep reading this post gan!! :D

2. Siapa tuh gan "Mayo" ?

Sudah pasti bukan nama belakang ane atau keluarga haha.

"Mayo" atau nama lengkapnya Diet Mayo bukan nama orang gan, juga gak ada hubungannya sama sekali dengan Mayonaise, atau dengan mantan pelatih Manchester United yang dipecat karena MU kalah mulu yaitu si David Moyes.

Ok baiklah cukup ngalor ngidulnya Back to topic ya gan. Mayo disini refers to ‘Mayo Clinic’. Jadi, jelas asalnya adalah dari sebuah klinik di Amerika sana, yang sudah terkenal dalam menangani permasalahan kesehatan tubuh manusia dan masalah nutrisi untuk tubuh sehat

Kalau mau berkunjung kesana gak perlu ongkos sob langsung klik http://mayoclinic.org di browser ente.

3. Metode Diet Mayo ini aman gak bro?

Berdasarkan informasi yang ane baca sebelum ane jalanin diet ini, yah riset dan survey dulu lah ya gan sebelum jalanin daripada beresiko. Nah ane baca ini nih Diet Mayo is developed based on research and clinical experience by medical professionals di Amerika sana. Jadi tenang lah sob aman. Plus, udah ada bukunya juga ngebahas detail tentang ini. So it is practically save and secure. Tapi biar lebih aman mah ane saranin konsultasi dulu aja sama dokter spesialis atau ahlinya ya sebelum sobat ngejalanin.

4. Apa tujuan Diet Mayo ini?

Nah ini penting gan. Tujuannya adalah “to help you lose excess weight and to find a way of eating that you can enjoy for a lifetime”. Jangan langsung cengo gitu dong gan, gak usah takjub sama bahasa inggris ane yg super advance.. wkwkwk. Oke ane terjemahin nih:

Intinya program diet mayo membantu kita menurunka berat badan dengan cepat dan terbiasa menemukan pola makan yang bisa sobat jalanin nikmatin SEUMUR HIDUP dampaknya untuk tubuh.

5. Wah Menarik bro, jadi apa aja syarat Diet Mayo ini? Berapa lama programnya? Berapa kali?

Selain tidak boleh mengonsumsi garam, selama jalanindiet Mayo minumlah 8 gelas air putih tiap hari kurang lebih 2 liter. Eit salah kurang jangan, lebih boleh gan. Terus sobat semua jangan makan lagi setelah pukul 18.00.

Boleh makan daging bistik dan boleh digoreng tetapi dengan ‘Butter Unsalted’.

Lama program diet ini selama13 hari, dan cuma 1 kali setahun. Enteng lah gan. Wong puasa 30 hari aja kuat di bulan Ramadhan toh? Luangkanlah waktu selama 13 hari dari 365 hari ? Bersakit-sakit dahulu 13 hari, bersenang-senang kemudian seumur hidup sob.

6. Apa aja menu Diet Mayo ini?

Tips dan Petunjuk: Siapkan dan kuatkan mental ente ya sobat :D .. Udah itu aja! Menu lihat dibawah, terus baca dah.


 Hari ke-1 dan ke-8 Sarapan: Kopi/teh tubruk inget ya dengan gula tropicana slim


Siang: 2 Kentang rebus, 2 telor ayam rebus, 1 ikat bayam/kangkung kukus-rebus , 1 buah tomat (semua tanpa garam) 


1-2 ons bistik daging goreng disajikan dengan selada atau sawi putih disiram dengan perasan jeruk nipis


Hari ke-2 dan ke-9 Sarapan: Kopi/teh tubruk inget ya dengan gula tropicana slim


Hari ke-2 dan ke-9, Makan Siang: 1-2 ons daging bistik goreng, 2 buah kentang rebus, selada ditaburi air perasan jeruk nipis dan 1 buah jeruk atau buah segar lain.


Hari ke-2 dan ke-9 Makan Malam: 2 ons ayam kukus dan 1 buah pisang.


Hari ke-3 dan ke-10 Sarapan: Secangkir teh/kopi tubruk dengan gula tropicana slim atau diabetasol


Hari ke-3 dan ke-10 Makan Siang: 2 buah kentang rebus, 1 ikat kangkung/bayam rebus, 2 buah telur ayam rebus, 1 tomat dan 1 buah segar.


Hari ke-3 dan ke-10 Makan Malam: 1-2 ons ayam kukus, selada ditaburi perasan jeruk nipis, 1 buah jeruk


Hari ke-4 dan ke-11 Sarapan: Secangkir teh/kopi tubruk dengan gula tropicana slim atau diabetasol


Hari ke-4 dan ke-11, Makan Siang: 1 buah telur ayam, 1 buah wortel besar direbus sebentar, dan 1 buah jeruk.


Hari ke-4 dan ke-11, Makan Malam: 1 mangkok besar pepaya dipotong2, satu gelas susu non-fat

Nah setelah melewati hari ke-4 biasanya Anda sobat semua yang lagi jalanin diet ini akan mulai terbiasa dengan makanan yang telah dikonsumsi sejak hari pertama. Pokoknya gan, melewati 3 hari pertama ini adalah sesuatu yang bagus bingit, itu akan memompa semangat dan memotivasi Anda mendapatkan tubuh yang sehat sehingga mendapatkan bonus lain yaitu menurunkan berat badan Anda 5-8kg. Yeah gan jangan sampe kendor di hari berikutnya karena menu makanan di hari berikutnya tidak akan berbeda jauh rasanya loh. Hehehe tetap tanpa garam!!

Hari ke-5 dan ke-12, Sarapan: satu cangkir teh/kopi tanpa gula dan wortel parut di taburi perasan jeruk nipis



Hari ke-5 dan ke-12, Makan siang: 
2 ons ayam kukus dengan saos mentega tawar ya.. dan tambah 2 kentang rebus.



Hari ke-5 dan ke-12, Makan Malam: 1,5 ons bistik goreng dan selada jeruk nipis


Hari ke-6 dan ke-13 Sarapan: Secangkir teh/kopi tubruk dengan gula tropicana slim atau diabetasol


Hari ke-6 dan ke-13, Makan Siang: 2 ons ayam kukus, selada ditaburi air jeruk nipis dan 2 buah kentang rebus.


Hari ke-6 dan ke-13, Makan Malam: 2 buah telur rebus dan wortel parut campur perasan jeruk nipis


Hari ke-7 Sarapan: Secangkir teh/kopi tubruk dengan gula tropicana slim atau diabetasol (maaf salah keterangan gambar, tapi sama saja)


Hari ke-7, Makan Siang: 2,5 ons daging bistik goreng, 2 buah kentang rebus, dan 1 buah jeruk.


Hari ke-7, Makan Malam: 2 buah pisang, dan 2 buah telur rebus


7.  Misalnya ane udah mulai nih program Diet Mayo, tapi terputus sebelum 13 hari, gimana bro?

Jika LUPA makan makanan lain atau menyimpang dari DIET ini, DIET HARUS DIULANGI LAGI DARI AWAL. Tidak ada tawar menawar coz ini bukan pasar gan. Hehehe lagi dan lagi.

Gini gan pikir seribu kali dan kudu fokus sih. Nah kalo mau putus di tengah jalan, hehee. There is no way back.

8. Pengalaman lu gimana pas ngejalanin Diet ini gampang apa susah bro?

Well, selama ini ane sih memilih makanan adalah salah satu hak asasi dengan hak veto apalagi ini. Wkwkwk singkatnya,  kesusahan di awal-awalnya aja sih. Bangettttt, tapi kalau udah berjalan 2 hari ya sudah biasa aja sih.

Coba inget ini gan menurut ane, yang bikin susah itu ada 2 hal:

Pertama adalah faktor internal, yang dipengaruhi oleh kebiasaan sobat selama ini. Artinya dari dalam diri sendiri. Ane termasuk "jelema" yang susah membatasi makanan, terus suka ngemil plus doyan bumbu-bumbu gurih. Well, bisa dikatakan ane ingin menyiksa diri ane tapi untuk tujuan yang baik yaitu meraih kesehatan dunia dan akherat. Salah lagi gan kesehatan tubuh ane plus bonus turun berat badan tentunya.

Tentang menu Diet Mayo ini, pada dasarnya gw ga ada masalah dengan semua menunya. Ga ada alergi menu tertentu. Yang jadi masalah adalah karena semua menu di diet ini rasanya tawar and hambar karena gak pake garam sama sekali.

Faktor kedua adalah faktor eksternal. Nah ini nih yang terberat sih. Menurut perkiraan ane faktor ini mampu menjegal para diet mayoterz sebelum 13 hari. Faktor eksternal ini memiliki nama latin yang unik. Orang Skandinavia dan latin sering menyebutnya ‘Godaan duniawi’.

Coba pikirkan contoh ilustrasi ini: misalnya, sobat udah bertekad jalanin diet, diikuti dengan baik dan tekun, dan udah 5 hari sukses menahan rasa tawar dan hambar menu makanan Diet Mayo. Lalu di suatu sore dengan kondisi ngantuk dan boring di kantor, tiba-tiba ada rekan nawarin pisang goreng kipas pontianak kesukaan ente, ditambah 1 botol gede Coca-cola, sambil bilang “Ayo bro, gw traktir nih!" Wakwaoooo..

What would you do?

I warn you, dalam Diet Mayo, 13 hari tuh bisa kerasa 13 tahun lama gilaaa. Every minute every hour, ada aja godaan duniawi yang muncul tak terduga, layaknya jarum dalam tumpukan jerami (bahaaaiiiaa). Tenang sob bukan ente aje yang mau muntah baca "artikel" ane ini.. Sayah yg nulis juga muak. :p Yuk lanjut bentar lagi sob baca terus yah.. 13 hari lagi beres nih artikel sampe bawah.

Udah pokoknya bertekad lah, ente harus nolak traktiran es krim atau es kelapa muda dari siapapun. Atau nolak ajakan traktiran ulang tahun temen ente di restoran sunda, atau Burger King. Ini nih yang paling nyesek buat anak kost: nolak undangan resepsi nikahan temen ente. :)

Dengan kekuatan bulan dan semangat 45, ente harus bisa tolak ya gan.  Tolak dengan halus dan lembut tapi tak perlu dengan kasih sayang, contohnya, “Gak sob, makasih bgt udah kenyang,” atau “Nanti ya bro lagi tanggung" dah sob modifikasi sendiri deh nolaknya.

Saran ane sih bahasa penolakan ente gak usah juga sih sampe gak jelas, kayak misalnya “In the name of Diet Mayo, enyah kau penggoda racun dunia dll !
Bawa juga pisang goreng pontianak nikmat terkutukmu itu!!“. Yang ada nanti selain berat badan loe berkurang, jumlah temen ente juga defisit bro.. Janganlah

Simpelnya gini aja gan bilang aja terus terang, “Sori gw harus batesin makanan, lagi Diet Mayo nih bro,“. Nah ini nih manteb..

Oh iya gan kalau temen lu tanya apa itu diet Mayo, kasih tau informasinya yg jelas biar sama-sama jadi seru tuh. Lebih bagus lagi kalo lu bisa rekrut beberapa member untuk sama-sama jalanin Diet Mayo, downline lu akan bertambah dan loe berpeluang dapet kapal pesiar atau berpeluang liburan ke Perancis. Hadeuhh pengalaman ikut MLM dicuci otak nih ane. Sorry gan kebablasan terus baca ya, dikit lagi kok.. sabar..

9. Lumayan susah ya, kok loe bisa sukses ngejalanin 13 hari ? apa tipsnya tuh bro?

Ini pertanyaan dari temen ane yang bener-bener besar badannya piss sob tapi hatinya gak kalah besar kok. Hehe. Nah ane sebagai alumni Diet Mayo bisa ngasih beberapa tips nih:

a. Komitmen.

Bangunan yang kokoh sudah barang tentu fondasinya batu, bukan kerupuk kulit. Mirip dengan diet mayo, komitmennya harus kuat.

sebaiknya tujuannya ditekankan bukan untuk nurunin berat badan doang yang terpenting cari pengalaman menemukan pola hidup sehat yang bisa buat tubub sobat sehat setiap saat. Coba pikirin visi kedepannya sob, kalau tubuh sehat di hari tua nanti, ente bisa eksis kalo diajak futsal sama anak cucu.

b. Berpartner.

Batman aja butuh partner yang namanya Robin buat bekerja, sama kita pun bisa meniru ini.

Bukan berarti sendirian itu gak bisa untuk diet ini, tapi salah satu faktor keberhasilan utama ane bisa bertahan selama 13 hari ya karena ada yang nemenin bareng jalanin diet mayo ini. Dan orang itu tidak lain dan tidak bukan adalah istri ane. Peran istri ane sangat besar terutama untuk belanja, masak, and nyiapin menunya tiap hari. Terima kasih istriku, you are the best! Permata hatiku, kekuatan dan cahaya bagiku. Aku cintrong kamu. Wakwaoooo lagi.. hehehe.. Maklum cinta berat sama istri harap maklum sob. Lanjut lagi ya sob, dikit lagi nih sampe klimaks.

c. Timing is important

Maksudnya sobat semua harus tau kapan waktu yang paling tepat untuk jalanin Diet Mayo selama 13 hari ini.

Pengalaman ane, ya pinter-pinter cari waktu dimana gak ada jadwal tugas ke luar daerah, gak ada jadwal sunatan temen ane atau undangan pesta lain.

Contoh salah nih gan, misalnya ente memutuskan mulai diet tanggal 1 September padahal tanggal 5 September pacar ente ultah, waduh itu salah strategi bro. Jangan sampe nanti nyalahin ane karena diputusin gara-gara menolak untuk hadir di perayaan ulang tahun doi, karena alasan ente yang ajibbb: in the name of Diet Mayo. :D

Kekasih: “Bei..besok jadi dong kita berdua undang temen-temen kita acara pesta ultahku?"

Ente: “sorry beib aku gak bisa, soalnya Diet Mayo.”

Kekasih: “yahh kamu kok gitu sih, pokoknya nih ye kalau kamu ga ikut di ultahku, kita break alias udahan!”

Ente:  “ listen to me beib! Ini sudah menjadi keputusanku, adinda terkasih. Aku sudah berkomitmen dan bertekad baja untuk terus melanjutkan Diet Mayo. Tidak ada seorangpun yang bisa mengubah keputusanku.”

Kekasih: “Diet Mayo? Siapa itu Mayo, pacar baru?! Good!!, okeh kita putus!!

Kekasih: “Baiklah jika begitu. Sudah tidak ada win-win solution diantara kita, berarti sudah kehendak Diet Mayo bahwa kita putus. I'm sorry goodbye adinda”

Hindari yang kayak gitu ya gan. jika saja kejadian semacem itu bener-bener terjadi, resiko tanggung sendiri loh.

Well selesai gan, sekian dulu "artikel" tentang diet mayo ini.
******
Selamat hidup sehat!! Jangan lupa dibagikan ya jika bermanfaat ke sosial media kalian.

14 Responses to "Pengalaman Diet Mayo Sukses 13 Hari Tanpa Konsumsi Garam"

  1. Tulisannya teh atau kopi paa sarapan tp kq ada roti,yg bner mn?

    ReplyDelete
  2. Iya pakai roti gpp asal jgn pake mentega, keju... cukup dipanggang tanpa campuran apapun ya... teh atau kopi sama saja asal gulanya tropicana slim atau diabetasol

    ReplyDelete
  3. Itu telur rebusnya di makan sama kuningnya apa cuman putihnya doang yaa??

    ReplyDelete
  4. Telur utuh.. putih dan kuningnya boleh dmakan selama tidak pakai garam mbak... good luck ya.

    ReplyDelete
  5. klu biasa puasa senin kamis gimana dengan menu pagi , siang , dan malamnya?? sahurnya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Jika berpuasa, maka sahur bisa dengan menu yg sama dengan makan siang saja dan boleh porsinya dilebihkan sedikit. Nah ketika buka pun dengan menu makan malam yg ada diatas namun boleh ditambah buah jika dirasa kurang. Untuk berbuka boleh makan kurma juga kok asal jgn berlebihan 3 butir sudah cukup.. namun yg paling penting adalah jgn konsumsi garam yaa.. good luck mbak Rahma..

      Delete
  6. Setelah 13 Hari udahan gt dietnya?

    ReplyDelete
  7. Berapa berat badan yang berhasil diturunkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap orang bisa berbeda.. klo saya dan bbrp tmn yg coba antara 5-8 kg..

      Delete
  8. ya ampun gak pake diet mayo aja..aq uda turun..ckup makan siang dkit..klo makan pagi secukupnya krn beraktifitas..makan malam sebelum jam 5..itu aja koq

    ReplyDelete
  9. kl teh or kopi gausah kasih gula tropikana boleh ga?mksdnya non sugar at all.

    ReplyDelete
  10. kl teh or kopi gausah kasih gula tropikana boleh ga?mksdnya non sugar at all.

    ReplyDelete