Tips Ampuh Agar Wajah Kamu Bebas Jerawat

Jerawat merupakan salah satu problem pada tubuh kita, khususnya di bagian muka. Sebenarnya kenapa sih kita bisa berjerawat? Nah saya akan jelaskan singkat ya sobat, jerawat bisa muncul jika pori-pori kulit khususnya di bagian wajah tertutup oleh sebum yaitu sejenis minyak pada kulit dan rambut).

Pada masa puber, maka jerawat akan lebih sering muncul yakni ketika hormon mengalami perubahan. Jerawat biasanya tumbuh di dahi, hidung dan dagu karena kelenjar minyak banyak diproduksi pada daerah ini. Nah bagaimana caranya untuk meminimalkan bahkan menghilangkan dan membebaskan jerawat? Mari kita bahas satu persatu tips wajah bebas jerawat berikut;

1. Jangan mendekatkan rambut ke bagian wajah

Banyak dari kita yang kadang "hobi" atau juga yang tidak sengaja mengibaskan rambut dan sering menempel atau mengenai wajah. Khususnya, rambut panjang terkadang menempel pada wajah dan ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Tips untuk kamu, cucilah rambut secara teratur agar tetap bersih dan bebas ketombe tentunya menggunakan shampoo ya sobat. Jika rambut kamu panjang cobalah siasati misalnya dengan mengikat rambut kamu namun tetap rapi ya sobat agar penampilan kamu tetap keren dan menawan.

2. Cuci Wajah secara teratur

Tips dari saya cucilah wajah minimal dua kali sehari dengan sabun sulfur yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat atau boleh gunakan resep tradisional ya sobat. Yang pertama, cucilah wajah pas baru bangun tidur dan sebelum tidur. Jangan menekan wajah terlalu keras, dan jangan gunakan kain yang kasar.

3. Chromium Dalam Makanan

Untuk kamu yang memiliki jerawat yang sangat banyak, silakan mengkonsumsi suplemen kromium sekali sehari untuk mengobati pimples dengan cepat dan menjaga Wajah Bebas Jerawat


4. Minimalkan Penggunaan Makeup

Sebisa mungkin jangan dulu menggunakan makeup karena banyak yang mengandung bahan kimia dan dapat membahayakan kulit, meningkatkan masalah jerawat dan pimples. Saran saya Anda tetap bisa cantik atau menawan dengan menggunakan masker alami atau bahan natural sehingga wajah bisa lebih merona. Namun, apabila Anda harus merias wajah misalnya untuk acara tertentu, maka bisa menghapus makeup sebelum tidur.

5. Cukup Tidur

Cara termudah agar kulit wajah bebas jerawat adalah tidur selama 7-8 jam perharinya. Tidur nyenyak membersihkan tubuh Anda dari dalam, menghilangkan racun dan detoksifikasi dan dengan demikian, menjaga seluruh sistem tubuh Anda berfungsi dengan baik.

6. Masker Madu

Manfaat madu memang sangat banyak, termasuk untuk obat jerawat karena mengandung sifat antibakteri yang membantu dalam memurnikan dan menyembuhkan jerawat dan noda. Madu sangat menenangkan untuk kulit sensitif; saran saya coba mengoleskan masker madu setiap minggu sekali di wajah untuk hasil terbaik.


7. Jangan Menyentuh Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat maka menyentuh dan memencet pimples dapat membawa bakteri ke permukaan yang menyebabkan peradangan dan lebih banyak jerawat. Jadi jangan disentuh ya, memang kadang-kadang kita merasa nyeri dan "gemes" untuk menekan jerawat namun sebaiknya ditahan.

8. Minum Air Putih

Air putih yang cukup pada tubuh akan membawa efek yang bagus pada tubuh, demikian pula bagian wajah Anda. Minumlah 8-10 gelas air putih setiap hari  sehingga dapat mempertahankan tekanan darah dan melenyapkan racun yang menyebabkan jerawat. Dehidrasi menyebabkan kulit keriput, kering dan kusam. Air juga membantu dalam membuat kulit lebih elastis, memicu pertumbuhan dan perbaikan sel kulit lebih cepat.

9. Cuci Sarung Bantal dan Sprei

Kebersihan sangat mempengaruhi jerawat tumbuh atau tidak. Misalnya pas Anda tidur, maka wajah langsung bersentuhan dengan sarung bantal. Sarung bantal ini menyerap minyak dan mengembalikan kotoran dan minyak dari wajah Anda. Hal ini menyebabkan infeksi dan lebih banyak jerawat di wajah Anda. Saran saya, cucilah secara rutin sarung bantal dan sprei Anda agar tetap bersih dan meminimalkan jerawat.

10. Diet seimbang

Nah ini juga menjadi yang terpenting untuk bebas dari jerawat loh sobat.Diet gizi seimbang adalah suatu keharusan untuk menjaga kulit berkilau dan sehat. Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran segar akan menjaga kulit Anda bersinar dan sempurna. Misalnya, Anda bisa menjalankan metode diet mayo yang sangat populer saat ini di Indonesia yang jika dijalankan dengan benar dapat menurunkan berat badan 5-8 kg hanya dalam 13 hari. Menu diet ini banyak menganjurkan makanan buah-buahan dan sayuran juga sehingga bagus juga untuk kulit Anda terlebih di bagian muka maka manfaatnya adalah mampu membebaskan jerawat dari ke hari secara signifikan.

Well, itu saja sharing mengenai tips bebas jerawat di wajah sobat. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk teman-teman atau saudara kita ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Ampuh Agar Wajah Kamu Bebas Jerawat"

Post a Comment