4 Makanan Pengontrol Berat Badan Agar Stabil

Tentu Anda bertanya-tanya tentang judul artikel ini dan penasaran apa ada makanan yang dapat mengendalikan berat badan kita. Mari kita mulai sobat. Seorang ahli nutrisi dari Prima Diet Catering, yang bernama dr. Peni Hedi P. MKM, menyebutkan bahwa makan yang cukup tidak berlebihan dan teratur akan membuat Anda puas lebih cepat dan tidak cepat merasa lapar.

Namun untuk itu Anda perlu memenuhi kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Tentunya mengatur makanan yang akan dikonsumsi tubuh setiap harinya sesuai kebutuhan perhari. Dalam bahasa kesehatan ini disebut recommended daily allowance  (RDA).

Buat wanita asia kategori di atas 17 tahun dengan indeks massa tubuh normal yaitu 18,5 – 22,9, maka porsi makanan perhari yang dianjurkan untuk protein adalah 0,8 – 1,0 gram per kilogram berat badan, dan untuk sayuran dan buah adalah 50 – 100 gram setiap kali makan.

Nah sobat ini adalah 4 makanan pengontrol berat badan agar stabil yang dianjurkan dr. Peni Hedi P. Saya sarankan, konsumsi makanan berikut sesuai porsi di atas ya.

1. Susu low fat/rendah lemak.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kandungan kalsium dan protein dalam susu low fat (dairy food) rendah lemak bisa membantu mempercepat menurunkan berat badan sekaligus menjaga massa otot. Kalsium tersebut membantu tubuh mengolah lemak lebih efisien dan meminimalkan lemak yang menumpuk dan efeknya juga dapat meningkatkan tenaga. Pada susu yang tinggi kalsium dan rendah lemak mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh kita dan melancarkan metabolisme tubuh. Dengan kandungan protein yang cukup, minum susu rendah lemak akan memberi rasa kenyang lebih lama bahkan jika dibandingkan dengan minum jus buah. Sehingga, mampu menahan rasa lapar dan kita mampu tidak ngemil terlalu sering.

Tips resep susu rendah lemak:
Campir susu rendah lemak dengan buah dan aduk dengan blender hingga menghasilkan milkshake rasa buah alami. Buah yang bagus seperti jeruk, mangga, apel, atau yang lain namun pastikan tidak berlebihan ya.

2. Bayam

Didalam bayam terkandung zat glutathione, alpha lipoic acid, dan serat. Seikat bayam kecil hanya mengandung sekitar 40-50 kalori. Hebatnya, semua zat tersebut nermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat (LDL) dan mengeluarkannya. Dampak lainnya juga, membuat perut kita merasa cepat kenyang dan bisa menahan lapar lebih lama.

Tips resep untuk bayam: 
Konsumsilah sayur bayam, salad bayam, atau pasta bayam. Sebagai pilihan lain, Anda juga dapat membuat sandwich isi bayam untuk sayurannya.

3. Yoghurt rendah kalori

Manfaat yoghurt hampir sama dengan susu susu. Bagi sebagian orang ada yang susah mencerna susu atau dikenal dengan istilah intoleransi laktosa, yoghurt adalah pilihan yang tepat untuk mengganti konsumsi susu anda. Apalagi jika yoghurt tersebut diperkaya bakteri baik, sehingga kerja pencernaan menjadi lebih lancar.

Tips untuk yoghurt:
Jika Anda tidak tertarik minum yoghurt secara langsung tanpa diolah, maka cobalah gunakan yoghurt sebagai salad dressing, atau dicampur bersama buah-buahan seperti anggur, jeruk, apel dan lain-lain dengan blender.

4. Daging Sapi

Tentunya sobat yang sedang menjalani diet atau berusaha menurunkan berat badan banyak yang menghindari untuk mengonsumsi segala jenis daging. Namun, sebenarnya jangan takut makan daging sapi. Pilihlah jenis daging sapi yang kandungan lemaknya rendah, seperti tenderloin (has dalam) dan  topside (has luar). Ada suatu reset klinik nutrisi di Amerika membuktikan, wanita yang mengonsumsi daging merah dalam menunya, bisa membakar kalori lebih banyak dan cepat dibanding mereka yang makan dengan  kalori sama banyak, tapi tanpa daging merah. Ternyata, protein yang terdapat dapat menjaga kebutuhan kalori di bagian massa otot tubuh. Namun tetap ya sobat jangan berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan kalori Anda.

Resep untuk daging sapi tanpa lemak:
Steak, tumis daging sapi dengan aneka sayuran, sup, daging asap sebagai isian roti. Yang harus diperhatikan yaitu pilihlah minyak goreng rendah kolesterol atau minyak goreng sehat jika Anda memilih untuk mengggorengnya.

Untuk cara lain dalam mendapatkan berat badan ideal dan juga menstabilkannya saat ini juga banyak jenis diet sehat yang dapat Anda lakukan seperti diet mayo yang sangat populer saat ini di Indonesia yang jika dijalankan dengan benar dapat menurunkan berat badan 5-8 kg hanya dalam 13 hari.

Untuk info lebih jelas mengenai Apa itu diet mayo, silakan baca mengenai artikel Apakah diet mayo itu?.

Well, itu saja sharing mengenai 4 makanan yang bermanfaat untuk menurunkan atau menstabilkan berat badan dan menjaga agar badan tetap langsing dan singset. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk teman-teman atau saudara kita ya. Semoga bermanfaat. Wassalam.. ----


0 Response to "4 Makanan Pengontrol Berat Badan Agar Stabil"

Post a Comment