Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Buah Pepaya

Tahukah kamu ternyata pepaya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Ya, buah ini sangat kaya kandungan antioksidan, vitamin dan mineral, baik sekali dikonsumsi. Kandungan air dalam pepaya juga tinggi sehingga jika dikonsumsi dapat membuat kita lama merasa kenyang atau dengan kata lain bisa menunda lapar. Nah jika begitu tentunya sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan Anda yang berlebihan.

Ada baiknya kita ketahui dulu nih sobat, apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam pepaya. Silakan lihat dibawah ini:

Vitamin A (1.750 IU)      
Fosfor (16 mg)
Vitamin B ( 0.03 mg)       
Kalium (470 mg)
Riboflavin (0.04 mg)        
Lemak (0.1 gr)
Niacin (0.3 mg)               
Karbohidrat (10 gr)
Vitamin C (56 mg)           
Zat Besi (0.3 mg)
Kalsium (20 mg)              
Protein (0.6 gr)
Kalori (39)

Nah cukup banyak zat yang menjadi nutrisi bermanfaat bagi tubuh bukan. Sekarang mari kita ketahui lebih lanjut mengenai khasiat Pepaya untuk Diet dan membantu menurunkan berat badan.

1. Rendah Lemak

Satu buah pepaya kecil yaitu kurang dari 1kg hanya mengandung 1% dari nilai 65 FDA gram setiap harinya atau sekitar 0,4-0,6 gram lemak. Mengkonsumsi pepaya tidak akan membuat Anda menimbun lemak dalam perut karena banyaknya kandungan air dan mudah luruh dalam tubuh.

2. Rendah Kalori

Satu pepaya ukuran kecil dengan berat 5,5 ons hanya mengandung 68 kalori, sangat kecil sekali, jadi jika Anda dalam program diet dan dalam kondisi lapar bisa mengkonsumsi pepaya karena dapat membuat Anda cepat kenyang namun cepat terbakar kalorinya. Pemangkasan diet dengan 3.500 – 7.000 kalori setiap minggu menghasilkan 1-2 lb (1 kg) dari berat badan. Menurut laman web Mayo Clinic yaitu penggagas program diet mayo, "penurunan berat badan itu termasuk penurunan yang sehat dan wajar. Mempertahankan pasokan makanan yang rendah kalori selama diet, mampu mempromosikan regulasi berat badan jangka panjang"

3. Serat dan Enzim

Satu pepaya kecil mengandung 2,7 gram serat, atau 11 persen dari 25 gram serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Program diet yang menyediakan pasokan serat yang cukup akan membantu proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Jadi, tubuh kita akan menyerap karbohidrat dengan cepat dan mencegah naiknya gula darah secara signifikan. Kandungan serat yang tinggi ini mencegah elevasi gula darah yang akan berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Selain itu pepaya juga mengandung Enzim Papain. Apakah itu? Enzim Papain adalah enzim yang bermanfaat dalam membantu proses penyerapan protein dan memperlancar pencernaan makanan dalam tubuh. Apabila proses pencernaan di dalam tubuh berlangsung baik, maka tubuh kita akan memiliki daya tahan dan metabolisme yang baik dan akhirnya stamina kita pun menjadi lebih baik.

4. Kandungan Air

Satu pepaya kecil mengandung setidaknya 138 gram air atau 89 persen dari berat totalnya. Ini dapat bermanfaat untuk proses pensterilan racun atau detoksifikasi. Air dan asupan cairan membersihkan racun normal yang berasal dari konversi makanan menjadi energi.

Jika terdapat banyak racun dalam rubuh, tentunya akan mengganggu metabolisme dan pengaruhnya adalah kenaikan berat badan yang signifikan. Kandungan air di dalam buah pepaya ini membantu membersihkan dan mensterilkan racun dan menjaga sistem metabolisme, sehingga membantu memfasilitasi proses penurunan berat badan Anda.

Itu saja sharing mengenai manfaat pepaya untuk menurunkan atau menstabilkan berat badan dan menjaga agar badan tetap langsing dan singset. Anda juga dapat membaca Manfaat Buah Nanas Untuk Diet Sehat sebagai referensi diet Anda. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk teman-teman atau saudara kita ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Buah Pepaya"

Post a Comment